Sejarah Program Studi S1 Teknik Sipil

Pendidikan bidang teknik Universitas Tadulako dimulai pada tahun 1983, dengan dikeluarkannya Surat Keputusan Rektor Untad No. 215A/I/1983 tanggal 23 Oktober 1983, dengan Program Studi Teknik Sipil D3. Setelah mengalami perkembangan dengan segala keterbatasan dan masalah-masalah yang dihadapi dalam penyelenggaraannya selama satu tahun, Pendidikan Ahli Teknik (PAT) Untad memperoleh persetujuan Depdikbud R.I. melalui Dirjen Pendidikan Tinggi dengan Surat Keputusan No. 110/DIKTI/KEP/1984 tanggal 21 Agustus 1984, tentang Jenis dan Jumlah Program Studi di setiap Jurusan pada Fakultas di lingkungan Universitas Tadulako (D3 Teknik Sipil dan D3 Teknik Bangunan).

Mulai tahun 1984 PAT Untad berbenah diri dan dengan dukungan pemerintah Tingkat I Sulawesi Tengah proses pembelajaran dapat terlaksana dengan baik sehingga pada tahun ajaran 1986/1987 telah menghasilkan alumni. Sejalan dengan perkembangan tersebut upaya– upaya berupa rintisan agar PAT Untad menjadi Fakultas semakin di intensifkan dengan memulai memprograkan tenaga pengajar untuk studi lanjut S2 dan S3, pembenahan manajemen, pengadaan peralatan laboratorium dan studio, sebagai suatu syarat berdirinya fakultas.
Upaya–upaya yang telah dilakukan selama ini dapat terealisasi dengan terbitnya Surat Keputusan Mendikbud RI Nomor : 0378/O/93, tanggal 21 Oktober 1993, tentang Pendirian Fakultas Teknik, sehingga program studi yang ada pada PAT dengan sendirinya berada di bawah Fakultas Teknik,

sehingga Fakultas Teknik pada awalnya mempunyai 3 program studi yaitu;
o Program studi D3 Teknik Sipil
o Program studi D3 Teknik Bangunan
o Program studi S1 Teknik Sipil Pada awal berdirinya PAT – UNTAD melaksanakan perkuliahan di Kampus Bumi Bahari, kemudian pada Tahun Ajaran 1985/1986 perkuliahan dipindahkan ke Kampus Bumi Nyiur sampai dengan Tahun Ajaran 1994/1995.
Penerimaan staf pengajar dengan latar belakang bidang teknik dimulai sejak tahun 1983 dan terus diintensifkan sampai tahun 2016.Staf pengajar
(pns dan cpns) dengan latar belakang bidang ilmu Teknik Sipil sebanyak 86 orang. Program Studi S1 Teknik Sipil terdiri dari 5 Kelompok Dosen Keahlian (KDK) yaitu:
1. Kelompok Dosen Keahlian (KDK) Struktur
2. Kelompok Dosen Keahlian (KDK) Geoteknik
3. Kelompok Dosen Keahlian (KDK) Keairan
4. Kelompok Dosen Keahlian (KDK) Transportasi
5. Kelompok Dosen Keahlian (KDK) Manajemen Konstruksi

Kami Online selama 24 Jam, Semua identitas isi komentar kami jaga ke rahasiaannya , trims - Admin Fatek

Terimakasih sudah mengirimkan kritik saran ke fakultas teknik

Enter a Name

Enter a valid Email

Message cannot be empty